Rabu, 13 Februari 2013

persahabatan

Persahabatan


Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.
Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:
Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.
Disiplin-disiplin utama yang mempelajari persahabatan adalah sosiologi, antropologi dan zoologi. Berbagai teori tentang persahabatan telah dikemukakan, di antaranya adalah psikologi sosial, teori pertukaran sosial, teori keadilan, dialektika relasional, dan tingkat keakraban.
Kini kau telah jauh,
hidup dengan sendiri-sendiri,
hanya karna hasutan orang-orang yang tak punya hati…

Persahabatan uang awalnya karna kebaikan,
kenapa harus berakhir dengan penuh kebencian…

Padahal dulu kita saling mengisi satu sama lain,
tapi kini yang aku dapatkan bukanlah sesosok sahabat yang aku idamkan,
melainkan hanya sebuah andaian,
yang kini telah menjadi kenangan…

meski kini kau tak mau memaafkanku,
bahkan tak mau lagi mengenalku,
tapi semoga suatu saat nanti
kau masih bisa untuk memaafkanku…

Aku merindukanmu kawan,
merindukan canda tawa yang kini telah menjadi kenangan,
kenangan yang senantiasa tersimpan dalam hatiku…

Ajeng Ismiyanti

================================================

Kita selalu bersama.
Sedih, sunyi, canda, tawa kita lewati bersama.
Kemana-mana bgaai tali yang telah diikat kuat, yang tak dapat dilepaskan.
Kau hibur aku disaatku gundah dan kuhibur kau dsaat kau merasa galau.
Kita saling melengkapi satu sama lain.

Tapi berbeda.
Berbeda pada saat itu.
Pada saat waktu tak berpihak kepada kita.
Kau dan aku terpisah.

Dan akhirnya.
Akhirnya kau meninggalkan aku dengan sosok bayangmu.
Bayangmu yang tak tau dimana tubuhnya.
Yang sekarang sudah tak mempunyai hati dan perasaan.
Seperti bukan sahabatku.

Karya: Wika Dewani


Puisi persahabatan

================================================

Ukhty
Inginku bercerita padamu
Tentang jalan hidupku yang penuh liku-liku
Jurang dan tebing yang ku lalui
Onak dan duri banyak kujumpai
Namun tiada surutkan langkahku

Ukhty
Berilah aku pemicu
Agar tak surut semangatku
Mengais rezeki, mencari nafkah
Untuk hidupku, untuk buah hatiku
Masa depanku

Ukhty
Tahukah kau
Kuarungi samudra nan luas ini
Dengan perahu tanpa nahkoda
Kadang ombak, kadang badai menggoyang layar perahuku
Ku bertahan
Ku tahu perjalanan masih panjang
Semoga slamat hingga tujuan

Ukhty, kaifa haluki?


Puisi ini karya: Qoriah Habibah

================================================

Sahabat,
aku sangat merindukanmu
sejak kau tak di sisi ku lagi
berulang kali aku merasa sedih
karna kehilanganmu

Tuhan,
jika memang dia sahabat sejatiku
kembalikanlah dia pada ku
aku selalu berdoa yang terbaik untuk dia

Tuhan,
janganlah engkau pisahkan aku
dengan dia selamanya
bagiku sahabat adalah segalanya
hanya dia yang bisa mengerti aku

Sahabat,
aku akan tetap setia menunggumu
aku tidak akan meninggalkanmu
hingga bumi ini terbelah pun aku tetap menunggumu
dan.. hingga tangan tuhan akan menyatukan kita lagi

karya : jihan N.


Puisi persahabatan

================================================

Dulu kau dan aku selalu bersama
Dulu kau dan aku selalu tertawa
Dulu kau dan aku berbagi suka dan duka bersama
Dulu kau dan aku selalu bercanda

Tapi entah kenapa kau mengkhianatiku
Dan menusukku dari belakang
Mengapa engkau sebegitu teganya padaku
Apakah engkau melupakan janjimu yang telah terucap dari bibir manismu

Kau mengkhianatiku seolah kau tak mengenalku lagi
Kau mencintai orang yang sama denganku
Tapi kau seolah tak menyadari bahwa aku juga mencintai dia

Kini engkau hanya tinggal bayangan
Kini kau telah bahagia bersamanya
Terlihat jelas diwajahmu kau tampak bahagia

Wajahku memperlihatkan perasaan bahagia
Namun hati ini sungguh sakit
Saat melihatmu bersama dirinya

Tuhan…
Tolong sadarkanlah dia
Bahwa dia telah menyakiti sahabatnya sendiri
Dan semoga dia bahagia bersama orang yang dicintainya

Karya : Ni Puthu Hayu Hayomi

================================================

Beritahu ku tentang
kabar mu
Meski ku bukan kekasihmu…

Ceritakan padaku
tentang kisahmu
Meski aku tak berhak tau

Jika hari ini aku bertanya
tentang keadaanMU
Mungkin itu hanya
sapa’an seorang
teman
Tapi jika aku Esok tak
mengabarimu.,
Itu bukan aku membencimu
Tapi Karna Mungkin kehadiranku
Meresahkan hatimu..

Dn jika esok
aku tlah tiada maka
maafkanlah kesalahan ku,
karna ku tak tau..
Kapan Tuhan memanggilku

Lenyap Tak brarti
hilang
Diam Tak brarti
lupa
Jauh Tak brarti
putus..

Ku ingin menjadi
yang pertama ada
ada di sampingMU
Saat kau kehilangan
pengisi hatimu..

Dan aku kan slalu
menjadi sahabat_Mu
Sampai nanti,
Sampai ku terlelap di bawah timbunan
tanah…

Karna diantara kau
dan aku ada 1 ikatan
yaitu “PERSAHABATAN”

by: fitri harianti

================================================

Hidup ini tak lebih dari sebuah klise..
Hitam dan putih senantiasa melekat
disetiap insan yg hidup di alamnya..
Hitam dan putih butuh warna..
Seperti alam membutuhkan manusia..
Seperti siang berbagi dgan malam..
Seperti pohon membutuhkan air..
Manusia membutuhkan udara,,

semua butuh pelengkap..

Manusia butuh teman,
untuk terus hidup..
Untuk mengisi hidupnya yg kusam dan tak berwarna..

Jiwa yg tdk bisa dibiarkan hampa
tanpa hadirnya seorang teman dlm hidupnya..

Teman akan selalu abadi,
meski namanya sering terlupakan,
meski wajahnya sering tak dikenal,
tapi hadirnya akan selalu kita rindukan..

Meski tak selamanya teman
tapi kenangan tentangnya adalah memori jiwa yg terdalam..

karya: Yohana. D.P.


Puisi persahabatan

================================================

Sahabat…
kau adalah temanku yang sejati
kau menemaniku di kala aku senang maupun sedih

oh,sahabatku
kau adalah temanku yang paling baik bagiku
terkadang kita bertengkar

sahabat…
betapa senangnya aku mempunyai sahabat sepertimu
bagiku kau adalah cahaya bintang yang bersinar
bersinar terang dihadapanku

sahabatku…
apakah kau tahu kalau aku kesepian jika kau tidak masuk sekolah?
walau dalam keramaian aku masih merasa sepi

sahabatku…
kau yang membantuku di kala aku susah maupun senang
emas permata pun tidak bisa mengalahkannya

puisi ini karya : alfie zalfa

================================================

Sahabat..
Kau Teman yang selalu menghiburku
di saatku sedihhh…
di saatku senanggg…
dan lainnya

Oh Sahabat
Kau Memang Teman yang terbaikku bagiku
Kau juga membantuku saat aku sedang susah
apa caraku membalasnyaaa?

Sahabatt…
kenanganku bersamamu akan slalu kuingat dan ku kenang

karya : gita jiwandaru

================================================

Sudah lama, tak ada suara
ketika ada, semoga itu kabar yang baik
pertanda bahwa itu memang Garis Takdir

Terbuat dari Keyakinan apapun,
jangan menilai, kalau masa lalu tidak saling kenal
bersama-sama tercipta yang namanya Memori di masa sekarang

Kenalilah seperti dahulu,
memang pasti ada perubahan, bukan berarti terbentang jarak
masa lalu, masa sekarang, esok dan sebagainya milik Dia Seorang
ini hanya bagian Kehidupan, melewatinya itulah yang berharga
apa, bagaimana, itulah Kisah, tanpa melihat kulit luar
Hati tak pernah bohong, asalkan Tulus membagi
yakinlah, itu akan jauh lebih baik daripada menjauhi karna batasan Spiritual

Betapa bernilainya 1 yang berbagi Kebaikan, dibanding 10 namun saling membunuh

Ingatlah, jangan menilai dari apa yang sekarang berubah, namun proses Kisah yang dilewati bersama, itu tidak terlupakan

================================================

5 tahun sudah kita jalin persahabatan…
Suka, duka, canda, tawa
Sedih, senang, tangis, amarah
telah kita lewati bersama..
Semuanya mengalir begitu saja..
Tak terduga perasaan ini ikut mengalir lembut seiring dgn persahabatan kita..
Diam diam aku telah menaruh rasa suka padanya..
Diam diam aku telah berdosa karena mencintainya..
Dia sahabatku..
Dia yg mampu menarik semua rasa peduliku padanya..
Bahkan selama ini kupendam rasa ini sendirian..
Mungkinkah kau merasakan hal yg sama sahabatku?
Tak ingin aku berpisah darimu..
Meski kau hanyalah sahabatku yg aku cinta.. :)

puisi ini karya: Yohana Desy

================================================

Kita Sering Tertawa dan Bercanda Bersama.
Susah,Sedih dan Senang Telah kita lewati.
Makan Sepiring Bersama, kita tidak malu.
Di sekolahan Berantam Kita hadapi bersama.

Kini Semua Tlah Menjadi Masalalu dan kita Kenang .
Kau Sering Di hukum guru, aku juga ingin di hukum .

terlalu Banyak Kenangan Yg kita lewati Bersama.
Sekarang kita Sudah Berpisah dan Aku merasa Rindu,
dengan Masa lalu Kita Itu.

terkadang Aku bisa Mengeluarkan Air Mata,
jika Mengingat Masa Lalu Kita Itu.

Kita Untuk Selamanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar